Notification

×

Yayasan Ume Daya Nusantara Gelar Penguatan Kapasitas Forum Media dan Jurnalis

Jumat, 20 Oktober 2023 | Oktober 20, 2023 WIB Last Updated 2023-10-23T23:14:25Z


BT.COM | OELAMASI -- Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BAKTI) melalui Yayasan Ume Daya Nusantara menggelar kegiatan Penguatan Kapasitas Forum Media dan Jurnalis.


Kegiatan tersebut melibatkan insan media untuk membahas dan memberikan edukasi pada masyarakat terhadap permasalahan atau kasus-kasus yang berkembang terjadi pada umumnya.


Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari di Hotel Harper Kupang, 19 dan 20 Oktober 2023.


Tujuan kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mengedukasi masyarakat Indonesia lebih khususnya Masyarakat Kabupaten Kupang menuju masyarakat yang inklusif dan juga isu-isu mengenai kesetaraan Gender hingga disabilitas.


Koordinator Program Inklusi Rumah Generasi, Simon Sadi kepada media ini disela-sela penutupan seluruh rangkain kegiatan mengungkapkan bahwa gender equality, disability dan sosial adalah tiga perspektif mengenai isu Inklusif.


“Kegiatan ini sangat penting karena berkaitan dengan publikasi dan juga edukasi kepada siapapun, baik itu masyarakat maupun pihak lain. Berbicara soal inklusi kita diperhadapkan dengan perspektif yang mesti sesuai, perspektif gender equality, disability dan sosial ",ujar Simon


Dikatakanya dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan segala pemberitaan media diharapkan mengandung unsur-unsur inklusi.


Jadi dipastikan dalam segala proses pemberitaan maupun publikasi media itu kita berharap sudah mengedepankan unsur-unsur atau hal-hal yang berkaitan dengan prinsip-prinsip inklusif.


Selain itu, kedepannya Rumah Generasi akan berupaya memfasilitasi pertemuan lanjutan dengan melibatkan jurnalis untuk secara bersama mengawal hal tersebut sehingga percakapan-percakapan yang berkaitan dengan tematik tertentu atau isu-isu tertentu yang butuh didiskusikan secara bersama.


“Pada level atau dalam tahapan tertentu juga perlu pelibatan media untuk memastikan juga keberpihakan media yang dikelola itu sungguh-sungguh juga mengedepankan inklusif dalam peliputan maupun juga dalam pemberitaan,” tutup Sadi.(Nadap)