Notification

×

Simulasi Pemadaman Kebakaran di Lanud El Tari

Sabtu, 08 Juni 2024 | Juni 08, 2024 WIB Last Updated 2024-06-09T03:59:07Z


BT.COM | KOTA KUPANG -- Para personel Lanud El Tari mengadakan latihan dan simulasi pemadaman kebakaran di Shelter F-16 Lanud El Tari Kupang, Jumat (7/6/2024).


Latihan pemadaman kebakaran ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan merefresh kembali para personel Lanud El Tari tentang penyebab terjadinya kebakaran sekaligus memberikan pengetahuan dasar dalam mengatasi bahaya kebakaran dan pemadaman apinya, baik secara tradisional maupun dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

 

Materi latihan tersebut disampaikan oleh Kasi Baseops Disops Lanud El Tari Mayor Lek I Dewa Made Kariawan yang menjelaskan tentang beberapa klasifikasi kebakaran dan alat pemadam yang digunakan sesuai dengan klasifikasinya. 


“Kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik, jangan sekali-kali menggunakan air, karena air akan menghantarkan listrik dan tidak bisa mematikan korsleting tersebut. Apabila ada kejadian tersebut, bisa menggunakan pasir, kalau ada lumpur menggunakan lumpur yang tidak ada airnya. Kalau ada DCP (Dry Chemical Powder) pakai DCP, tidak usah ragu-ragu”, kata Kasi Baseops Disops Lanud El Tari menjelaskan.**