Notification

×

Kepsek SMPN 2 Kutim Juara Tulis Buku Inspiratif

Rabu, 29 November 2023 | November 29, 2023 WIB Last Updated 2023-11-30T03:00:13Z


BT.COM | KUPANG -- Kepala Sekolah (kepsek) SMPN 2 Kupang Timur, Florince Lumba, S.Pd termasuk salah satu guru pemenang karya tulis buku inspiratif. 


Hal tersebut disampaikan langsung oleh Florince saat ditemui media ini pada Selasa 28 November 2023.


Kegiatan menulis buku tersebut di laksanakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-17 Asosiasi  Guru Penulis Indonesia (AGUPENA) yang berlangsung di Universitas Yarsi Jakarta Pusat pada 30 Oktober sampai 4 November 2023 dengan jumlah peserta 700 orang.


Lumba menjelaskan bahwa menulis merupakan suatu hal yang membutuhkan imajinasi, pemikiran dan konsentrasi karena menulis itu indah dan bisa membangkitkan seseorang dari tidur, dengan menulis memuncul banyak gagasan dan ide-ide.


"Karena banyak potensi makanya saya selalu memberikan motivasi kepada guru dan juga siswa dan ternyata sekarang siswa lagi sementara menulis puisi dan sebagian guru-guru juga turut mengambil bagian ,rencana untuk mencetak dalam akhir tahun ini kalau tidak ada kendala," Kata Lumba


Buku yang saat ini diterbitkan berupa puisi yang mengandung pesan inspiratif tentang kisah hidup sang Kepsek dari kecil sampai saat ini dengan judul "Napak Tilas Segadis Tanjung".


Florince berharap sebelum masa purna bakti SMPN 2 Kupang Timur menjadi sekolah literasi di Kabupaten Kupang.


Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kupang, Marthen Rahakbauw menyampaikan proficiat terhadap guru-guru yang bergabung dalam Agupena atas prestasinya,  baik di tingkat provinsi maupun nasional yang berhasil membawah piala atau penghargaan.


"Saya secara pribadi mendukung penuh kegiatan tersebut karena melalui kegiatan ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan budaya literasi yang sangat rendah. Karena menulis tidak sebatas mengarang, tetapi perlu referensi, perlu juga banyak membaca dan perlu waktu," Ucap Marthen Rahakbauw.


Menurutnya, melalui tulisan dapat berbagi informasi, menginspirasi orang lain, mengasah kemampuan menulis, dan bisa menjadi profesi. Selain itu prestasi tersebut  bisa menjadi kontribusi masuk ke jenjang yang lebih baik. (Nadap)