Notification

×

Lanud El Tari Ikuti Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak

Selasa, 16 Mei 2023 | Mei 16, 2023 WIB Last Updated 2023-05-16T13:47:02Z

BT.COM | KUPANG -- Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Aldrin P. Mongan,S.T.,M.Hum.,M.Han bersama personel Lanud El Tari mengikuti penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI, Pemda dan komponen masyarakat di pantai mangrove Kampung Nelayan Oesapa Kupang, Senin (15/5/2023). 


Penanaman mangrove secara serentak ini dilaksanakan di seluruh Indonesia yang pelaksanaannya secara video converence bersama-sama dengan Presiden RI dan Panglima TNI di Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta Utara


Sesaat sebelum penanaman serentak, Danlanud El Tari saat sambutan mengatakan bahwa mangrove ini memiliki aneka manfaat dan memiliki peran yang sangat krusial bagi lingkungan.   


”Hutan mangrove ini bisa menenangkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang, arus, ombak dan pasang-surut dan sistem akar mangrove juga bisa membuat menarik bagi ikan dan organisme lainnya untuk mencari makan dan berlindung dari predator.    Hal ini cukup signifikan untuk menjaga kota Kupang agar terhindar dari bahaya rob, pasang-surut air laut yang berakibat pada erosi. Kita semua yakin dengan kegiatan ini, tidak hanya akan menghasilkan ekosistem udara yang bersih dan sehat, melainkan juga berpotensi sebagai sumber pendapatan dalam pengembangan wisata hutan bakau dan hal positif lainnya”, kata Danlanud El Tari. 


Hadir saat penanaman mangrove secara serentak tersebut Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H.,M.M, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTT, UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTT , Dinas KKP NTT, BPDAS Benain, BBKSDA NTT, BPKH Wilayah XIV, BPSI Kupang, BPLHK Kupang, Balai Gakkum dan para personel TNI-Polri serta tamu undangan lainnya.**