Notification

×

Wakil Bupati Kupang: Hamil di Luar Nikah Adalah Salah Satu Faktor Tingginya Angka Stunting

Jumat, 28 Juli 2023 | Juli 28, 2023 WIB Last Updated 2023-07-28T16:32:10Z

BT.COM | OELAMASI -- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe meminta para kader posyandu di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT agar terus memberikan edukasi tentang stunting.


Permintaan ini di sampaikan Wakil Bupati Kupang saat mengunjungi para kader di Keluharan Takari, Kamis 27 Juli 2023.


Anak adalah generasi penerus di masa depan sehingga perlu di persiapkan segala hal terutama kesehatan terkait stunting. Kecamatan Takari saat ini masuk dalam angka tertinggi stunting di Kabupaten Kupang sehingga dirinya menegaskan kepada tenaga kesehatan serta kader agar tetap konsisten menekan angka stunting agar menurun.


Dia juga menerangkan kepada semua kader posyandu bahwa saat melakukan pengukuran terhadap bayi balita dengan baik dan benar jangan kerja asal-asalan saja


Sebagai ketua TPPS Wakil Bupati berpesan kepada pemerintah desa beserta jajarannya untuk mensosialisasikan kepada warga khusus perempuan perlu mencegah kehamilan di luar nikah.


Dia mengatakan bahwa yang belum menikah sah untuk segera mengurus dokumen untuk di nikahkan secara agama dan pencatatan sipil agar bisa di gunakan dalam proses administrasi dan lainnya.


Orang nomor dua Kabupaten Kupang ini mengatakan hamil di luar nikah juga menjadi salah satu faktor penunjang stunting karena kurang memperdulikan tumbuh kembang saat hamil hingga melahirkan.


Perlu ada sosialisasi kepada masyarakat khususnya bagi ibu hamil dan orang tua bayi balita melalui para kader dan nakes di posyandu.(Nadab*)