Notification

×

Presiden Jokowi Resmikan Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang

Selasa, 05 Desember 2023 | Desember 05, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T06:39:17Z


BT.COM | KUPANG -- Presiden Republik Indonesia Ir. Hj. Joko Widodo meresmikan Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang  yang berlokasi di Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur pada  Rabu 06 Desember 2023.


Dalam pantauan media ini, peresmian tersebut diawali dengan sambutan selamat datang dari Uskup Agung Kupang Ir. Petrus Turang 


Dalam sambutannya, Uskup Petrus mengucapkan selamat datang kepada Presiden Jokowi beserta rombongan.


“Dengan menaikan Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa saya saya atas nama Umat Katolik mengucapkan selamat datang kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, kedatangan bapak menganugerahkan kami umat Katolik di Kota Kupang dengan meresmikan gedung Gereja yang megah dan mewah di kota Kupang. Kami berterimakasih atas alokasi dana yang diberikan kepada kami untuk membangun kembali gedung Gereja ini,”Ucap Uskup Agung Kupang.


Turang melanjutkan bahwa dengan kepedulian dari pemerintah pusat menunjukan hati bijaksana untuk menunjang ketersediaan tempat ibadah bagi umat Katolik di Kota Kupang.


“Untuk itu bagi umat Katolik, Natal tahun 2023 ini tidak usah lagi ke sana ke mari untuk mencari tempat ibadah karena tempat ibadah kita sudah ada,” Tambahnya.


Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa.


“Gereja Katedral ini dari awal dibangun belum pernah di rehab tetapi karena badai Seroja yang melanda Kota Kupang dan membuat Gereja ini rusak berat sehingga kita dari pemerintah Pusat memberikan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sehingga tadi saya masuk ke dalam, saya betul-betul kagum dengan keindahan dan kemewahan didalamnya, karena di rehabilitas secara menyeluruh dan di perluas”Ucap Presiden 


Jokowi berpesan agar gedung Gereja dengan kapasitas bisa menampung seribu lima ratus (1500) orang tersebut tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah tetapi juga dijadikan sebagai kegiatan-kegiatan sosial lainnya.


“Untuk itu pada siang hari ini saya meresmikan Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang Provinsi NTT semoga Tuhan Memberkati,” Tutup Presiden Republik Indonesia. 


Acara peresmian diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi dan sesi foto bersama.


Turut mendampingi Presiden dalam peresmian Gedung Gereja tersebut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua DPRD Provinsi NTT Emilia Nomleni, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake, dan Penjabat Walikota Kupang Fahrensy P. Funay. (Yeremia)