Notification

×

Sedikit Buka Tabir Sejarah Tanah Adat Konay "Hati-Hati"

Sabtu, 07 Mei 2022 | Mei 07, 2022 WIB Last Updated 2022-05-08T06:15:05Z

Kupang, BuserTimur = Tanah adat Betty Bako Konay yang berlokasi di Pagar Panjang dan Danau Ina Kelurahan Oesapa dan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, rupannya menarik untuk disimak dari segi sejarah.

Sebagaimana dalam diskusi ringan sejumlah awak media bersama Elimelek Konay pada Sabtu 07 Mei 2022 di Kantor DPC MOI Kota Kupang 

Eli sapaan akrabnya perlahan-lahan membuka sedikit tabir sejarah tanah adat Konay

Ia menceritakan tanah adat Konay didapati zaman dahulu sekitar tahun 1720-an oleh leluhur Betty Bako Konay dari raja di pulau Timor.

Karena saat itu masih masah penjajahan Belanda, Betty Bako Konay ditempatkan raja di tanah yang saat ini dikenal sebagai Pagar Panjang dan Danau Ina dengan membangun sebuah rumah adat.

Eli menjelaskan beberapa tempat di lokasi dimaksud sudah berganti nama sebanyak 3 kali.

"Tidak gampang raja tempatkan leluhur kami Betty Bako Konay di lokasi yang saat ini kita kenal dengan sebutan Pagar Panjang dan Danau Ina. Tanah ini leluhur kami tumpah darah, Ingat itu,"Kata Eli

Untuk itu Eli mengingatkan para oknum-oknum yang selama ini bermain didepan maupun belakang layar untuk menguasai tanah adat Konay "Hati-Hati"

Pasalnya dalam waktu dekat, seluruh keturunan Betty Bako Konay akan menggelar ritual adat dengan menghadirkan raja yang dulunya menempatkan Betty Bako Konay di lokasi dimaksud untuk bertutur kata dengan bahasa adat sejarah tanah adat Konay.

Terkait siapa raja yang dimaksud, Eli mengatakan belum mau buka kartu kepada publik siapa raja itu?.(A1)