Notification

×

Simak Beberapa Program Kerja Desa Kuimasi Di Tahun 2024

Kamis, 08 Februari 2024 | Februari 08, 2024 WIB Last Updated 2024-02-09T01:41:31Z


BT.COM | OELAMASI – –  Kepala Desa (kades) Kuimasi Maksen Lifu, menyampaikan beberapa program kerja pemerintah desa Kuimasi, Kecamatan Fatulau, Kabupaten Kupang NTT di Tahun 2024, pada Rabu 7 Februari 2024, saat di temui Media ini di Balai Penyuluh Pertanian Kabupaten Kupang.


kepada media ini Kades menjelaskan bahwa  beberapa program kerja yang akan  terlaksana di tahun 2024 sebagian  bersumber dari dana desa (DD).


"Jadi program di desa kami untuk tahun ini antaranya adalah Penurunan angka stunting untuk bayi balita, ketahanan pangan nabati dan hewani, pemenuhan air bersih untuk masyarakat, membuka tempat usaha untuk pertumbuhan ekonomi, pembangunan fisik rabat dan saluran air nah ini beberapa program yang akan menjadi fokus perhatian kami di Desa Kuimasi untuk tahun 2024",Ucapnya


Maksen melanjutkan bahwa Terkait dengan pembangunan fisik rencananya akan merehap satu buah CekDam yang berlokasi di dusun 1 yang mana Cekdam tersebut di bangun oleh dinas lingkungan hidup dan kawasan hutan Kabupaten Kupang sehingga dari pihak desa Kuimasi sudah membuat surat permohonan pendayagunaan. Tidak hanya itu kades juga Akan bersurat kepada dinas PUPR Kabupaten Kupang untuk permohonan bantuan perencanaan pembangunan. Rencana rehap Cekdam tersebut sekaligus untuk membuat kolam pemancingan ikan air tawar dan juga pembuatan tempat wisata yang jarak lokasinya 500 meter dari jalan Negara dan dekat dengan Kabupaten Kupang.


Sementara untuk Stunting Kades menjelaskan bahwa pemerintah desa merekrut satu tenaga gizi, satu orang bidan dan satu orang perawat. Yang saat ini sudah mulai melakukan pelatihan kepada kader posyandu sehingga dalam menjalangkan tugas mereka juga prifesional dan bertanggung jawab. Dan untuk  perluasan jaringan air bersih di dusun 4 Oelkuku, yang mana saat ini debit airnya mencapai 3,2 liter per detik perlu untuk perluasan jaringan agar masyarakat yang berada di dusun 4 Oelkuku semua bisa merasakan.


"Rencana program kerja kita selanjutnya,  yakni budidaya Lamtoro Taramba di lahan yang sementara masyarakat persiapkan itu sebesar 10 hektar jadi untuk 3 tahun terakhir ini budidaya Lamtoro Taramba sudah mencapai 35 hektar Yang mana pada tahun pertama 15 hektar, tahun kedua 5 hektar dan tahun 2024 ini 10 hektar. Karena Lamtoro merupakan yang baik bagi ternak maka kami dari pihak Desa sudah melakukan pengadaan ternak kambing bagi masyarakat sehingga sampai saat ini sudah 50 kepala keluarga (kk) yang sudah mendapat bantuan ternak tersebut dan untuk tahun 2024 ini kami berencana untuk menambah lagi 50 ekor kaambing", Jelas Lifu.


Untuk itu dirinya berharap kepada masyarakat desa Kuimasi agar tetap  mendukung program keeja yang dicanangkan oleh pemerintah desa karena kedepan Desa Kuimasi akan menjadi dapur  Kabupaten Kupang. (Nadap)