Notification

×

Peringati HUT Ke-30 Prodi Kimia FKIP Undana Lakukan Pengabdian di Desa Bone dan Taloetan

Minggu, 21 Mei 2023 | Mei 21, 2023 WIB Last Updated 2023-05-22T01:22:31Z

BT.COM | KUPANG -- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) program studi (prodi) kimia, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Undana Kupang, para dosen, mahasiswa dan alumni melaksanakan pengabdian kepada masyarakat desa Bone dan desa Taloetan, yang berada di kecamatan Nekamese, kabupaten Kupang, NTT pada Jumat 19 Mei 2023.


Kegiatan pengabdian tersebut dibuka dengan penyambutan natoni oleh kepala desa Taloitan beserta dengan  tokoh adat setempat dan dilanjutkan dengan pengalungan selendang sebagai bentuk penghormatan selamat datang  kepada  dosen, mahasisa dan para alumni. 


Dalam sambutanya, Yusak Bilaut selaku kepala desa Taloitan mengucapkan limpah terima kasih kepada dosen, mahasiswa dan para alumni pendidikan kimia atas kegiatan yang dilakukan di desa Bone dan desa  Taloitan.


"Kami masih dalam perjuangan menuju masyarakat yang sejahtera karena itu ketika memilih desa Bone dan desa  Taloitan saya berterima kasih karena kita mempunyai pergumulan yang sama, untuk itu selaku kepala desa saya mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu dosen dan juga teman - teman mahasiswa yang sudah memilih kedua desa ini dalam melakukan pengabdian,"Ucap Sang Kades.


Kegiatan pengabdian tersebut mengususung tema "Kais tam tausan haet kimia siap het ma tun takun es nok es he taleko to monit"  tema tersebut dalam bahasa Indonesia berarti jangan takut pada pelajaran kimia tetapi mari bersama-sama saling membantu satu dengan yang untuk memperbaiki masa depan/hidup. 


Pengabdian dosen dan mahasiswa tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian civitas akademika untuk memperkenalkan ilmu kimia dalam peluang untuk mengamalkan diri dan  mengaplikasikan apa yang didapatkan di kampus.  


Dalam pengabdian tersebut juga, para dosen dan mahasiswa mengadakan beberapa kegiatan yakni yang pertama mengaplikasikan berbagai mata kuliah seperti kimia sebagai bahan makanan, budaya lahan kering dan Kepulauan pariwisata, etno kimia, kimia lingkungan, bioteknologi  lahan kering dengan topik pelatihan dan pembuatan minyak kelapa murni dan pewarna alami pembuatan kain tenun kepada masyarakat.


Kegiatan kedua yakni Kedua berhubungan dengan mata kuliah kependidikan seperti media pembelajaran, pemproduksian bahan ajar berbasis web, pembelajaran virtual dan evaluasi pembelajaran dengan topik memproduksian media pembelajaran dan instrumen soal berbasis dari panitia bagi guru-guru di desa Bone dan desa Taloetan . 


Untuk diketahui bersama bahwa Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 19-21 Mei 2023 yang diikuti oleh dosen, mahasiswa dan alumni prodi pendidikan kimia.(Silpa)